Festival Teater Muse 3 – 2024

SHARE

Festival Teater MUSE 2024? Siap, action! Begitulah jargon Festival Teater MUSE yang diselenggarakan pada tahun ini. Festival Teater MUSE atau disingkat menjadi FTM merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 11 Jakarta yang mana melibatkan seluruh siswa kelas XI. Dalam acara FTM 2024, seluruh siswa kelas XI diberi kesempatan untuk mengorganisir keseluruhan dari pementasan teater. Dimulai dari pembagian tugas seperti sutradara, astrada, aktor, dan beberapa tim lainnya yang bertugas, lalu pembacaan naskah, casting, serta latihan-latihan. Diadakannya acara ini tentunya sebagai harapan terhadap siswa-siswi SMA Muhammadiyah 11 agar memiliki pengalaman luar biasa dalam proses pengemasan drama yang sudah dilewati bersama dan terciptanya daya saing yang tinggi untuk menghasilkan pementasan yang terbaik.

Dalam acara FTM 2024 ini, SMA Muhammadiyah 11 Jakarta bekerjasama dengan komunitas teater dari Universitas Negeri Jakarta, Teater Zat. Masing-masing kelas didampingi serta dibimbing oleh satu mentor dari komunitas tersebut.

Pada tahun ini, kelas XI SMA Muhammadiyah 11 Jakarta menampilkan 6 lakon pada FTM 2024. Di antaranya berjudul; Los Bagados De Los Pencos dari kelas XI-A,  Kampung Kardus dari kelas XI-B, Tanah Warga dari kelas XI-C, Tuhan Tolong Bunuh Emak dari kelas XI-D, Roh dari kelas XI-E, dan Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi dari kelas XI-F.

Acara Festival Teater MUSE 2024 diselenggarakan 2 hari yaitu pada hari Kamis, 13 Juni 2024 dan Jumat, 14 Juni 2024. Dalam 2 hari tersebut masing-masing menampilkan 3 lakon. Pada hari pertama, tanggal 13 Juni 2024, FTM menampilkan lakon Los Bagados De Los Pencos, Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, dan Roh. Selanjutnya pada hari kedua, tanggal 14 Juni 2024, FTM menampilkan lakon Kampung Kardus, Tanah Warga, dan Tuhan Tolong Bunuh Emak.

Pada hari pertama Festival Teater MUSE 2024 dibuka dengan sangat meriah, dipukulnya drum besar oleh Ketua PCM Rawamangun Pulogadung, Bapak Welly Sakti Pasaribu, yang didampingi oleh Kepala SMA Muhammadiyah 11 Jakarta, Ibu Rosita Sari. Acara pembukaan FTM 2024 ini juga dihadiri oleh seluruh siswa kelas XI serta dewan guru SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. “Teater sebagai salah satu cara yang bagus untuk mengeksplorasi potensi lain yang mungkin terpendam dalam diri kita.” Begitulah inti sambutan dari Bapak Welly, ketua PCM Rawamangun Pulogadung pada sambutannya dalam acara pembukaan FTM 2024 (13/06/24).

Hari pertama acara FTM 2024 dilanjutkan dengan penampilan 3 lakon, dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Para siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 11 Jakarta terlihat sangat antusias dalam menampilkan lakon dari masing-masing kelasnya. Begitupula para penonton yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, para wali murid serta guru SMA Muhammadiyah 11 Jakarta yang turut memeriahkan pementasan teater dalam acara FTM 2024 ini.

Kemudian hari kedua berlanjut dengan penampilan 3 lakon berikutnya. Hari kedua terlihat berbeda karena setelah penampilan lakon terakhir, pada acara penutupan FTM 2024, diumumkannya para pemenang dari 12 nominasi penghargaan pada acara FTM 2024 ini. Yang pertama, Penghargaan Sutradara Terbaik diberikan kepada Ahmad Isytaq Widad dari kelas XI-B, kedua, Penghargaan Aktor Pria Terbaik diberikan kepada Fauzan Surya Putra dari kelas XI-C, Penghargaan Aktor Wanita Terbaik diberikan kepada Aisya Azzahra dari kelas XI-E, Penghargaan Aktor Pembantu Pria Terbaik diberikan kepada Ruby Karim Manzuro dari kelas XI-D, Penghargaan Aktor Pembantu Wanita Terbaik diberikan kepada Deisya Azzahra Aurelia dari kelas XI-A, Penghargaan Penata Musik Terbaik diberikan kepada kelas XI-A, Penghargaan Penata Panggung Terbaik dimenangkan oleh kelas XI-E, Penghargaan Penata Rias Terbaik diberikan kepada kelas XI-A, Penghargaan Penata Kostum diberikan kepada kelas XI-E, Penghargaan Penata Lampu Terbaik diberikan kepada kelas XI-C, Penghargaan Teater Terfavorit diberikan kepada kelas XI-F, dan yang terakhir Penghargaan Teater Terbaik diberikan kepada kelas XI-B. - Haifa Amalia Sholiha